Senin, 11 Januari 2016

Victoria Jesse - 1 - semester genap



Nama                             : Victoria Jesse

Judul                             : Pesawat Jet
Jumlah Halaman : 24
Jenis Cerita                   : Non Fiksi
Penerbit               : Tiga Ananda
Pengarang           : Chris Oxlade

Pesawat jet adalah salah satu jenis pesawat udara. Pesawat jet menggunakan mesin jet udara. Pesawat jet lebih cepat dari pada pesawat baling-baling. Frank Whittle menemukan mesin jet pertama pada tahun 1930, di Inggris. Pesawat jet memerlukan daya dorong dan daya angkat agar dapat terbang. Sayap-sayap pesawat jet mengeluarkan aliran udara dan gas panas dengan kecepatan sangat tinggi. Ini terjadi dalam tiga tahap. Pertama, sebuah kipas mengisap udara ke dalam mesin. Setelah itu, bahan baker dibakar untuk menghasilkan gas-gas panas. Lalu, sebuah turbin akan berputar. Bagian ini memutar kipas. Kemudian, gas-gas keluar melalui alat pembuangan. Pilot adalah orang yang menerbangkan pesawat. Pilot duduk didalam kokpit. Kokpit terdapat di bagian depan pesawat jet. Pilot mendorong dan menarik tuas-tuas serta tombol-tombol kendali untuk lepas landas, pilot menaikkan daya mesin jet hingga kekuatan penuh. Kemudian, pilot melepaskan rem. Pesawat mulai bergerak cepat dan makin cepat. Pesawat meluncur diatas landasan pacu. Pesawat lalu terangkat. Untuk mendarat, pilot menurunkan kecepatan. Jet-jet tempur dapat membantu angkatan darat dalam peperangan. Jet-jet tempur pertama dibuat saat perang dunia II. Pesawa-pesawat jet pengebom menyerang target-target didarat. Jet tempur pertama yang dibuat adalah Messerschmitt Me-262. jet ini pertama kali terbang di Jerman pada 1942.
Fakta-fakta :
Panjang sayap              : 12,7 m
Mesin                            : Dua mesin jet Junkers
Tinggi                           : 3,4 m
Panjang               : 10,5 m
Berat                    : 7 ton
Kecepatan           : Max 869 km/jam
Senjata                : Meriam dan bom
Dahulu orang-orang berpikir bahwa mustahil untuk bergerak lebih cepat dari kecepatan suara. Jet tempur supersonic pertama dibuat pada 1950-an. Jet tempur mampu terbang lebih cepat dari dua kali kecepatan suara. F-35 lighting II adalah pesawat jet tempur Amerika Serikat. Pesawat jenis ini pertama kali diterbangkan pada 15 Desember 2006.
Fakta-fakta :
Panjang sayap              : 10,7 m      
Mesin                            : Pratt & Whitney F135
Tinggi                           : 4,33 m
Panjang               : 15,67 m
Berat                    : 13,2 ton
Kecepatan           : Max 1,930 km/jam
Senjata                : Senapan, misil dan bom
zPesawat udara mampu terbang lebih cepat 5 kali kecepatan suara. peswat-pesawat ini disebut hipersonik. Sebuah pesawat bernama X-43A telah terbang hamper secepat 10 kali kecapatan suara.

  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar