Minggu, 01 November 2015

Reyner Thaddeus Purwanto - buku ke 1



 Albert Einstein


 Albert Einstein

Nama siswa      : Reyner Thaddeus Purwanto
Kelas /no           : VII-7/29
Judul buku         : Seri tokoh dunia 23, Albert Einstein
Jumlah halaman : 110 halaman
Penerbit              : PT Elex Media Komputindo
Pengarang          : Jhen Fe Jau
Penerbit              : Gramedia,Jakarta

                                Albert Einstein

     Pada tanggal 14 maret 1879 Albert Einstein lahir di kota Ulm, Jerman. Ayah Einstein, Hermann Einstein adalah orang yang berpikiran terbuka serta menyukai sastra. Sejak umur 6 tahun Albert sudah belajar biola,sedangkan di sekolahnya di jerman Albert sering dikucilkan oleh teman-temannya dan gurunya karena ia berdarah Yahudi yang dikucilkan masyarakat pada masa itu.
     Masa kecilnya ia lalui dengan tenggelam dalam pikirannya sendiri. Pada umur 12 tahun ia tertarik dalam menyelidiki ilmu ukur Euclid. Meskipun tempat belajarnya terbatas tapi pikirannya tidak terbatas. Selain itu Albert juga mencintai kedamaian. Einstein mempunyai sahabat sesama ilmuwan, Ilmuwan  itu adalah Adler dan Grossman.
    Pada tahun 1903 Albert menikah dengan Mileva Mervick. Pada tahun 1907 sampai 1916 ia mengumumkan teori-teorinya yang paling terkenal adalah teori relativitasnya yaitu E = mc2 yang akan dibuat sebagai teori pembuatan bom atom pada perang dunia ke 2.
    Pada tahun 1919 Einstein resmi cerai dengan Mileva dan menikah dengan Elsa serta tinggal bersama ibunya di tahun yang sama juga teori relativitasnya yang diumumkan pada tahun 1916 di nyatakan terbukti oleh tim pengamat gerhana matahari total Inggris.
   Pada umur 43 tahun Einstein berkeliling Asia yaitu Jepang,China, dan Palestina dan juga mendapat hadiah nobel dalam bidang fisika.pada tahun 1933 Albert resmi melepaskan kewarganegaraan Jerman dan selama 6 tahun tidak berkewarganegaraan serta semua harta bendanya dibakar oleh nazi.
     Pada umurnya yang ke 57 istrinya, Elsa meninggal dunia. Pada tahun tahun selanjutnya ia meminta pembuatan bom atom,lalu ia memperoleh kewarganegaraan Amerika,menjadi ketua lembaga ilmuwan bom atom,dia setelah itu mengakui kalau dia anti atom. Dia pernah ditawari menjadi presiden Israel namun menolak pada akhirnya pada tanggal 18 april 1955 Albert Einstein meninggal di Amerika karena serangan jantung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar