Minggu, 01 November 2015

Eunique Patricia Khoswanto - buku ke 1



Wolfgang Amadeus Mozart

Nama siswa          : Eunique Patricia Khoswanto
Kelas/no                : VII-7/13
Judul buku            : Seri Tokoh Dunia 10:  Wolfgang Amadeus Mozart
Tahun terbit          : 2000
Kategori                 : Biografi
Pengarang             :  Ciang Su Chin
Penerbit                 : PT Elex Media Komputindo
Jumlah halaman   : 110 halaman

Ringkasan:

    Ia lahir pada tanggal 27 Januari 1756 di Kota Salzburg, Austria. Pada usia 4 tahun ia mulai belajar bagaimana cara mengubah music. Ia mulai mengadakan konser pertama di Munich pada usianya yang ke 6. Pada Juni 1763 ia mengadakan konser berkeliling Eropa. Oleh masyarakat, ia diberi julukan “Si kecil berbakat music”.
    Pada usianya yang ke 8, ia mengadakan pertunjukkan bersama saudara perempuannya di depan Ratu Inggris. Kemudian ia mengunjungi beberapa Negara lainnya untuk belajar, juga mengadakan pertunjukan-pertunjukan. Pada November 1766, ia kembali ke Kota Salzburg. Pada usia 13 tahun, ia memutuskan untuk pergi ke Italia untuk belajar menulis musik drama. Ia sempat menjabat sebagai pengubah music di Istana Salzburg pada usia 17 tahun. 
    Ia menyelesaikan music ciptaannya, yang berjudul Serenata Notturna pada tahun 1766. Pada usia ke 21, ia memberontak dan meninggalkan pekerjaannya di istana. Ayahnya sangat marah terhadap keputusan anaknya untuk meninggalkan pekerjaan di istana, sehingga ia tak mau menemani Wolfgang untuk pergi ke kota lain untuk mengemban bakatnya. Akhirnya, ia ditemani Ibunya pergi ke Augsburg dan pergi ke Mannheim. DI Mannheim ia berkenalan dan berkencan dengan Aloysia.
    Maret 1778, ia pergi ke Paris dan menyelesaikan beberapa musik.  Pada Januari  1779 ia kembali ke Salzburg dan kembali menjabat sebagai pengubah musik istana. Pada Desember 1780, ia menyelesaikan drama Laemeneo.
    Pada usia ke 25, ia pertama kali berkenalan dengan Maydn. Pada Juli 1782, drama ciptaannya, ‘Penculikan’, dipentaskan di Wina. Pada Agustus 1783, ia menikah dengan Costanze. Pada April 1787, Beethoven dating minta dijadikan murudnya. Ayah Wolfgang meninggal pada Mei 1787. April 1788, ‘Don Giovanni’ karyanya, dipertunjukan. Namun pertunjukan ini gagal.
Pada September 1791, ia menjadi dirigen dalam pertunjukan awal “Magic Flute, karyanya sendiri. Pada tahun itu pula, tepatnya 4 Desember  1791, ia meninggal dunia akibat sakit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar