Selasa, 10 November 2015

Jade Nathania - buku ke 1



        Wilhelm Conrad Röntgen (Penemu Sinar Rontgen)

Nama            :  Jade Nathania
Kelas/nomer :  VII-3/19
Judul buku    : Wilhelm Conrad Röntgen (Penemu Sinar Rontgen)
Jenis buku    :  Penemuan
Pengarang    :  Nurniadi
Penerbit       : PT Elex Media Komputindo
Tahun terbit : 2007
Jumlah halaman :  107 halaman

Wilhelm Conrad Röntgen (Penemu Sinar Rontgen)
     Wilhelm Conrad Röntgen terlahir di lingkungan keluarga yang berkecukupan dan harmonis pada tanggal 27 Maret 1845. Ayahnya bernama Freidich Conrad Röntgen dan Ibunya bernama Charlotte Constanze Prowein. Sebagai anak tunggal Ia mendapat limpahan perhatian dan kasih sayang dari kedua orang tuanya.
     Wilhelm Conrad Röntgen sangat giat memperlajari ilmu fisika dan mendapat perhatian khusus dari guru fisikanya di Universitas Zurich,     Swiss. Tanggal 22 Juni 1869 Ia diwisuda dan mendapat gelar Ph.D.
     Wilhelm Conrad Röntgen meneliti pancaran dari sebuah tabung kaca (tabung katoda hampa udara dengan elektroda di kedua ujungnya) pada tanggal 8 November 1895. Yang diamatinya adalah sinar katoda. Sinar katoda itu membuat tabung hampa udara bercahaya ketika tegangan listrik cukup kuat. Nah, kilauan cahaya inilah yang diamati olehnya ketika tanpa sengaja menemukan penemuannya.
     Tabung penghasil cahaya/sinar tersebut disambung dengan aliran listrik, lalu ditutup dengan kertas tebal tidak tembus cahaya dan Ia mematikan lampu diruangan itu. Rontgen heran melihat kristal itu bercahaya dan letaknya jauh dari tabung lalu Ia meletakkan kertas tidak tembus cahaya diantara kristal dan tabung dan tetap bercahaya. Lalu Ia meletakkan tangannya di cahaya yang memancar dan tulangnya bisa terlihat. Ia menunjukkan hasil penemuannya kepada istrinya untuk pertama kalinya.
     Alat itu menjadi terkenal dan disebut dengan Sinar Rontgen (sekarang lebih dikelnal dengan nama Sinar X-Ray) diambil dari nama belakang Profesor Wilhelm Conrad Röntgen. Pada tahun 1923 Profesor Rontgen meninggal dunia karena penyakit kanker usus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar