Minggu, 25 Oktober 2015

Christopher Hartono - buku ke 1


ILMU KEDOKTERAN 



Nama                       :Christopher Hartono                           
 Kelas/No                 : VII-7/8                                                 
 Judul buku              :Ilmu Kedokteran                               
 Jumlah halaman      : 68                                                          
  Jenis buku              :Ilmu pengetahuan                
 Pengarang               :Steve Parker                                   
Penerbit                    :Buku Dorling Kindersley    
                              
                              ILMU KEDOKTERAN 


Apakah Ilmu kedokteran itu?

Ilmu kedokteran adalah Ilmu yang mengenai temuan,alat,dan teknik yang telah menyelamatkan kehidupan kita dan meningkatkan kesehatan manusia dari dulu sampai sekarang.
Roh Penyembuhan
Beberapa masyarakat zaman dahulu menganggap penyakit dapat disembuhkan menggunakan kekuatan gaib seperti  mendiagnosa dengan meramal,dukun, obat dari Montana dan Topeng.
Tumbuh-tumbuhan dan Penyembuhan
Mengobati Penyakit dengan tanaman. Beberapa tumbuhan ternyata cukup langka sementara tanaman lain hanya bagian tertentu yang efektif, Ada tumbuhan efektif setelah dikeringkan dan dijadikan segar, diminum sebagai teh, di hirup baunya, dioleskan pada kulit.

Pelbagai Fisiologi Timur
Sejarah pemikiran dan praktik pengobatan timur panjang dan rumit. Pengobatan di Tibet mengandung unsur-unsur pengobatan Cina  (menggunakan tanaman),pengobatan Yunani - Arab (cairan dalam tubuh),dan di India (menempatkan jiwa pada tulang belakang).
Yunani Kuno
Legenda menceritakan bagaimana dewa Apollo menemukan penyembuhan,dan bagaimana Chiron mewariskan pengetahuan tersebut kepad Asclepius,dewa pengobatan,dan Panacea,dewi penyembuhan.Ada empat unsur dalam Ilmu pengetahuan Yunani yaitu:udara,air,api,dan tanah.Dalam manusia keempat unsur ini digambarkan “cairan dalam tubuh’’yaitu darah,lendir,empedu kuning,empedu hitam.
Kekaisaran Romawi
Sebelum mendapat pengaruh dari Yunani,pengobatan tradisional berupa pemanjatan doa kepada dewa.Namun,ketika wabah melanda Roma pada tahun 293 SM,bangsa Romawi meminta bantuan pada dewa Yunani,yaitu Asclepius.
Tradisi Islam
Sekitar Abad ke-5 M,kejayaan kekaisaran Romawi memudar dan Eropa memasuki zaman kegelapan.Mangkuk ajaib yang dapat mengobati pelbagai penyakit.Rhazes dan Ibnu Sina adalah para penulis Islam,Rhazes(850-932M) dialah orang pertama yang membedakan cacar dari campak.Ibnu Sina dari Persia (980-1037M) Bukunya Canon of Medicine panjangnya sejuta kata.
Sihir dan Takhayul
Dari Abad ke-5 hingga ke-15,bebrapa sekolah kedokteran yang berkembang dibawah pengaruh praktik islam,khususnya Salerno di Italia,dll.Bahkan ,Ilmu kedokteran kembali menggunakan ramuan,sihir,serta pelbagai upacara kepercayaan,kemudian lambat laun masuk ke dalam pandangan kalangan kristiani tentang penyakit yang sebagai hukuman dari Tuhan untuk orang-orang berdosa.
Renaisans dan Revolusi jenis buku
Mulai kira-kira Abadke-14,renains,atau”Kelahiran kembali”.Dimasa ini banyak penemuan ulang dan juga beberapa kecaman terhadap pengetahuan yang berasal dari Yunani dan Roma.
Kemajuan di bidang diagnosis
Banyak peralatan medis yang mempunyai sejarah panjang.Setelah keyakinan kuno mengenai cairan dalam tubuh yang tidak terlihat      luntur,para dokter mulai mempercayai bahwa penyakit disebabkan oleh bentuk atau kerja organ tubuh dan sistem tubuh yang kurang sempurna.
Kuman dan Penyakit
Pada Abad Ke-19 para dokter mulai percaya bahwa kuman menyebabkan bermacam-macam penyakit.Pandangan ini menggantikan pandangan lama yang beranggapan bahwa penyakit disebabkan oleh ketidakberesan salah satu cairan tubuh.

MODE-MODE DALAM ILMU KEDOKTERAN :

Melihat ke dalam tubuh manusia
Pada tahun 1895,Ahli Fisika Jerman bernama Wilhelm Rontgen(1845-1923) menemukan sinar-x.Tiba-tiba para dokter dapat melihat isi tubuh tanpa perlu membedakannya.Tidak lama kemudian orang memukan bahwa sinar-x dapat membahayakan jaringan hidup.
Obat-obatan Alami
Para ahli obat-obatan mulai memilih bagian-bagian tertentu dari tanaman ,menghancurkannya atau melarutkannya,dan mengolahnya dengan zat-zat kimia,untuk mendapatkan bentuk murni dari obat tersebut yaitu”Unsur aktifnya”.Tujuannya agar dapat menghasilkan obat yang lebih khas,mengurangi pelbagai efek sampingnya,dan dapat lebih mudah digunakan.
Cara Penyimpan Obat
Untuk membuat racikan,seorang ahli merebus,meremas,menumbuk, dan melarutkan tumbuhan obat dan produk nabati lainnya.Disimpan dalam guci,bubuk kering/minyak.
Obat Alternatif
Pengobatan Alternatif digunakan sebagai pilihan kedua,seperti akupuntur atau herbalisme.
Pengobatan Kejiwaan                                                              
Penyakit jiwa mempengaruhi pikiran,perasaan dan perilaku orang.  Sejarah diagnosis dan pengobatan penyakit jiwa secara ilmiah masih relatif baru dan sedang dikembangkan.Kini ada bidang pengobatan yang khusus berhubungan dengan penyakit mental,yaitu Psikiatri.

Bangkitnya Ilmu Bedah
Zaman dahulu,Banyak pasien menjalani operasi dalam keadaan sepenuhnya masih sadar dan menggeliat kesakitan sewaktu ahli bedah yang tidak membasuh tangannya terlebih dahulu itu mencoba mengiris dirinya dan bergegas menyelesaikan pebedahan,sebelum pasien meninggal akibat kehilangan darah.
Peran Pisau Bedah
Karena ada satu kendala,yaitu kehabisan darah.Tidak semua darah sama.Orang harus menemukan sistem pengelompokan darah ABO itu.Dengan ditemukannya hali ini tranfusi darah menjadi lebih aman.
Teknologi Revolusioner
Salah satu trend terbaru dalam ilmu bedah adalah pembedahan seminimal mungkin ,yaitu sebuah frase yang menjadi terkenal di tahun 1985.Tujuannya adalah mengurai trauma yang terjadi pada pembedahan terbuka.
Organ Tubuh Artifisial
Implantasi adalah “Menanamkan” tiruan organ artifisial dalam tubuh untuk menggantikan fungsi organ aslinya dalam tubuh.Transplantasi adalah mencangkokan organ yang masih berfungsi(biasanya milik orang lain,tetapi adakalanya diambil dari binatang)
Perawatan Pasien
Munculnya perawatan orang sakit sebagai profesi berpendidikan tinggi, erat kaitanya dengan perubahan peran pria dan wanita dibidang pelayanan medis.Bersama dengan meluasnya agama Katolik para biarawan dan biarawati merawat mereka yang sakit.Umumnya perawatan orang sakit dilakukan d rumah dan dilakukan secara serampangan.Beberapa kelompok orang katolik dan protestan mulai belajar merawat.
Perawatan Gawat Darurat
Beberapa Abad Terakhir ini,arti perawatan darurat untuk penyakit yang gawat,atau bahkan yang mengancam nyawa,telah berubah.Seperti halnya berbagai kemajuan dalam ilmu kedokteran,pemakaian ambulans secara terorganisasi pertam kali muncul di masa perang
Praktik Umum
Dibanyak Negara,dokter keluarga merupakan tempat persinggahan pertama dalam sistem perawatan kesehatan,bagi mereka yang sakit.Seorang dokter keluarga biasanya mengenal pasien dan keluarganya.
Pengobatan Masa Depan
Tanpa disadari,Pengetahuan dan Praktik di bidang kedokteran sudah  jauh berubah diluar beberapa abad belakangan.Pembedahan dan terapi obat-obatan menjadi kian canggih.Epidemiologi betalian dengan mengapa pelbagai penyakit muncul,siapa saja yang terkena dampaknya,dan bagaimana serta mengapa menjalar atau umum dalam masyarakat.
   THANK YOU

Tidak ada komentar:

Posting Komentar