Jumat, 23 Oktober 2015

Diana Patricia W buku ke 1


Albert Einstein


Nama siswa     : Diana Patricia W
Kelas/no           : VII-7/11
Judul buku       : Albert Einstein
Penerbit            : PT Elex Media Komputindo
Pengarang        : Jhen Fu Jau
Jumlah halaman: 110 halaman
Jenis buku        : non fiksi
Ditulis pada tgl: 7-9-2015
Buku ke-1
Albert Einstein
14 Maret 1879, Albert Einstein tinggal di kota ULM Jerman. Satu tahun kemudian Albert dan sekeluarga pindah ke Munich.Saat umur 3 tahun Albert masih belum bisa bicara dia lebih pendiam dibanding adiknya Maya .     Dia juga tidak ada kelainan.
Ayah Albert, Hermann Einstein tingal bersama Jakob adiknya mereka bersama membuka pabrik elektronik. Ibu Albert, Pauline mahir bermain piano dua paling menyukai simfoni piano Beethoven. Sejak umur 6 tahun Albert belajar biola sementara Maya belajar piano.
Dalam perjalanan pulang ia bertemu dengan tentara tapi ia malah menangis ketakutan. Suatu hari sepupunya dari Italia datang merekapun saling berbagi cerita.
Dia pun mengenyam pendidikan di sekolah katolik. Dia tidak suka pelajaran bahasa dan ia hanya suka ilmu pasti dan fisika.
Tahun 1889 kemudian,dia melanjutkan sekolah menengah di kota Luitpold.1894 seluruh keluarganya pindah ke Italia.
Pada tahun 1895 saat itu Albert berumur 16 tahun pada bulan Maret dia berhenti dari sekolah menengah , pulang ke Milan dan pada bulan Okrober masuk sekolah menengah Argau di Swiss.
Tahun 1896 umur 17 Albert melanjutkan di Institut Politeknik. Tahun 1901 umur 22 tahun memperoleh hak warga Swiss dan menjadi guru untuk menggantikan guru tetap, kemudian jadi pembimbing  anak  asrama.
1902 Albert bekerja di kantor paten Born,Swiss. Satu  tahun kemudian ia menikah dengan Mileva sahabat karibnya.     1905 ia memperoleh gelar Doctor dari universitas  Zurich karena mengumumkan teori relativitas yang berisi lima buah artikel. Albert memiliki banyak teori karena itu dia menjadi dosen tetap di universitas Zurich dan menjadi direktur lembaga disika “Kaisar Wilhelm” menjadi maha guru dan anggota akademi ilmu pengetahuan prusia dan ia bercerai dengan Mileva.Setelah resmi bercerai ia menikah dengan Elsa adik sepupunya dan menjadi warga Negara Jerman.
1921 ia diangkat menjadi ketua “Lembaga Persatuan Ilmiah Internasional” dan pergi ke Amerika bersama weizman. 1922 saat ini Albert berumur 43 tahun.Tahun ini dia pergi ke Prancis dan akhir tahun 1923 dia pergi ke Cina, Jepang dan Palestina. Dalam perjalanan ia mendapat kabar sebagai pemenang hadiah nobel dalam bidang Fisika.
Albert mengikuti gerakan Internasional Anti Penjajah  mengumumkan teori khusus relativitas,bekerja sebagai dosen sementara di universitas California.Ia melepaskan kewarganegaraan Jerman dan semua harta benda dirampas pemerintah Nazi.
Beberapa tahun kemudian istrinya Elsa meninggal.Albert merasa sedih atas kematian Elsa. Dan tiga  tahun setelahnya ia menulis surat kepada President Roosevelt mengenai  bom atom.
Tahun 1952 ia ditawari menjadi President Israel tetapi menolak. Albert meninggal pada tahun 1955,saat itu ia berumur 76 tahun. Albert meninggal karena serangan jantung.

TAMAT


Tidak ada komentar:

Posting Komentar