Jumat, 09 Oktober 2015

Ivan Sanjaya - buku ke 1

Edwin Powell Hubble


Nama : Ivan Sanjaya
Kelas/no : 7-6/21
Judul buku :Edwin Hubble
Pengarang : Yulius dari PT Elex Media Komputindo
Penerbit : Gramedia
Tahun  : 2012
Jumlah halaman : 114

Edwin Powell Hubble
( Sang Penemu Teleskop Hubble )

          Edwin Powell Hubble dilahirkan di kota Missouri, Amerika Serikat pada tanggal 29 November 1889. Beliau putra seorang agen asuransi bernama John Powell Hubble dan ibunya bernama Virginia Lee James. Berkat novel-novel fantasi karya Jules Verne yang gemar dibacanya sejak kecil, minat Hubble pada keastronomian semakin bertumbuh. Sementara sang kakek terus mendukung imipiannya, kakeknya juga memberikan novel-novel fiksi ilmiah. Kakeknya juga memberikan sebuah teleskop  ketika Hubble
berusia delapan tahun.                                                             
          Pada usia 10 tahun, keluarga Hubble pindah ke Chicago. Karena ayahnya berhasil membuka kantor asuransi di kota itu, mereka pun akhirnya tinggal di daerah Wheaton. Ketika ia remaja dan duduk di bangku sekolah menengah, Edwin lebih tertarik dengan bidang atletik daripada ilmu pengetahuan. Pada masa sekolahnya, Hubble kesulitan mengeja kalimat. Ia mendapat nilai bagus di setiap mata pelajaran. Namun prestasi atletiknya lebih mendominasi daripada prestasi akademiknya. Hubble tercatat menyandang juara hingga 7 kali dalam kompetisi olahraga tingkat sekolah. Bahkan pada tahun 1906, Hubble berhasil memecahkan rekor lompat tinggi di Illlinois. Beberapa cabang olahraga yang digemarinya adalah tinju, basket, sepak bola, lompat jauh,  dan lompat tinggi.
          Selepas dari sekolah menengah, Hubble melanjutkan kuliah walau olahraga masih diminatinya. Pada 1910, Edwin menyelesaikan kuliahnya dan meraih gelar sarjana bidang matematika dan astronomi. Namun karena ayahnya ingin Hubble menekuni bidang Hukum, Ia meneruskan kuliah hukum di Universitas Oxford, Inggris berkat beasiswa Rhodes yang diterimanya. Tiga tahun kemudian, Hubblle meraih gelar  sarjana hukum.
          Pada musim dingin 1913, Ayahnya meninggal dunia. Hubble pun kembali ke Amerika pada musim panas 1913. Ia membuka praktek konsultasi hukum dan menjadi pengacara. Namun usahanya sia-sia karena Ia tidak tertarik pada profesi pengacara.
          Hubble lalu belajar astronomi di Observatorium Yerkes hingga menerima gelar Doktor dalam bidang astronomi di universitas Chicago pada tahun 1917. Pada tahun yang sama, Hubble bertugas di angkatan darat Amerika Serikat dalam Perang Dunia 1. Setelah Perang Dunia 1 mereda, Hubble segera bekerja sebagai staf Observatorium Mount Wilson di California. Selama bekerja di Observatorium, Hubble sering mengamati objek luar angkasa. Hubble berhasil menemukan Galaksi Andromeda melalui teleskop Hooker yang berada di Observatorium. Hubble mencetuskan Hukum Hubble, yaitu teori yang menatakan tentang rahasia alam semesta. Teori ini dicetuskan pada tahun 1929. Sebelum itu, pada tanggal 26 Februari 1924, Edwin Powell Hubble menikah dengan Grace Burk. 
          Edwin Hubble terkena serangan jantung hingga meninggal dunia karena terserang thrombosis Serebral pada tanggal 28 September 1953 di San Marino. Edwin Powell Hubble mendapat penghargaan Nobel dalam bidang Astrofisika karena ketekunannya meneliti astronomi secara modern.
          Teleskop Hubble berada di orbit bumi. Namanya diambil dari nama ilmuwan serta astronomi jenius dari Amerika, yaitu Edwin Powell Hubble. Teleskop ini mempunyai kemampuan mengirim data berupa foto dan spektrograf dari obyek luar angkasa.Beberapa obyek luar angkasa berhasil ditemukan seperti planet kerdil Eris dengan satelitnya yang bernama Dysnomia, Galaksi Messier 101, lubang hitam, bintang, supernova, dan masih banyak lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar