Sabtu, 17 Oktober 2015

Melissa Zarkasie - buku ke 2

Kura-kura dan Bangau



*  Nama siswa           : Melissa Zarkasie
*  Kelas/no                 :  VII-7/24
*  Judul Buku              : Kura-Kura dan Bangau
*  Penerbit                   : MAP PLUS Bandung
*  Pengarang              : Rofia Arochman
*  Jumlah Halaman   : 24 halaman
*  Jenis Buku               : Fiksi
*  Jumat, 2 Oktober 2015


Kura-kura dan Bangau

Isi:

          Pada zaman dahulu ada danau yang indah, dan hidup sekelompok burung bangau. Mereka bersahabat dengan seekor kura-kura yang juga tinggal di danau tersebut. Pada suatu ketika musim kemarau datang dan membuat air danau semakin surut dan akhirnya mengering. Para bangau gelisah, sehingga berpikir untuk pergi meninggalkan danau tersebut dan mencari air ke tempat lain. Dengan perasaan sedih para bangau pun berpamitan pada kura-kura. “Maafkan kami kura-kura,kami akan pergi untuk mencari sumber air yang lain,” kata para bangau.

           Kura-kura pun menangis saat mendengar sahabatnya akan pergi. “Mengapa kalian tega meninggalkan aku? Kita telah bertahun-tahun hidup bersama di sini di danau ini,” kata kura-kura.     “Sebenarnya kami ingin mengajakmu, tapi kamu tidak punya sayap untuk terbang bersama kami,” para bangau menjawab. Si kura-kura lalu berpikir untuk mencari cara agar dapat terbang bersama para bangau. “Aha...aku punya ide! Carikan aku sebatang kayu yang panjang dan kuat,” kata si kura-kura.

           Akhirnya para bangau itu pun mencari bayang kayu dan membrikannya kepada kura-kura. “Untuk apa batang kayu ini?” tanya bangau. “Begini, kalian berdua gigit ujung masing-masing kayu ini dengan paruh kalian, dan aku akan menggigit bagian tengahnya” si kura-kura menjelaskan. Para bangau pun seperti mengerti ide dari si kura-kura. “Baiklah, kita akan mencobanya, tapi kamu harus berjanji untuk tidak berbicara saat kita terbang,” kata para bangau memperingatkan kura-kura. Kura-kura menyetujuinya dan akhirnya mereka pun bisa terbang bersama-sama.

           Ketika mereka terbang melintasi hutan, sekawan monyet tertawa terbahak-bahak melihat apa yang sedang dilakukan oleh kura-kura dan bangau. Merasa diejek oleh para monyet, kura-kura pun marah dan mencoba mengeluarkan kata-kata. Akan tetapi, ketika kura-kura membuka mulutnya, gigitan kayu itu lepas dan tubuh kura-kura akhirnya jatuh ke tanah. Para bangau pun melanjutkan perjalanan mereka dan terbang meninggalkan kura-kura.                                                                                  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar